10.02.2012

Instalasi Netbeans


Netbeans adalah Integrated Development Environment (IDE) berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas Swing. Swing sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi Desktop yang dapat bejalan di berbagai macam platforms seperti Windows, Linux, Mac OS X and Solaris.Suatu IDE adalah lingkup pemrograman yang diintegrasikan kedalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI), suatu text atau kode editor, suatu compiler atau interpreter dan suatu debugger.
Netbeans merupakan software development yang Open Source, dengan kata lain software ini di bawah pengembangan bersama, bebas dan gratis. Netbeans sendiri berkembang dalam beberapa versi yang terbaru adalah versi 7.0.1.Untuk mendapatkan software ini kita dapat mengunjungi situs www.netbeans.org
Sebelum menginstal netbeans kita terlebih dahulu menginstal paket Java Development Kid(JDK).
Installer
Nah setelah kita mendapatkan JDK nya lalu kita akan menginstalnya kedalam komputer setelah JDK terinstal kedalam komputer baru kita akan menginstal netbeansnya,adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Klik 2x Installer Netbeans IDE, sehingga muncul form Configuring Installer.
 Configuring Installer
  •  Tunggu sampai proses konfigurasi ini selesai.
 Configuring Installer


  •  Pilih paket program yang akan diinstall dengan cara klik tombol Customize... (sudah diset otomatis semua paket diinstall). Klik Next.
 Customize
  •  Beri tanda centang pada I accept the terms in the license agreement. Klik Next. 
License
  •  Tentukan lokasi instalasi GlashFish (sudah diset otomatis), GlashFish berguna bagi teman-teman sewaktu menjalankan aplikasi  desktop yang teman-teman buat nantinya menggunakan web browser. Teman-teman harus perhatikan dan ingat username, password, port dan lokasi instalasi, jika perlu teman-teman catat. saja Klik Next.
 GlashFish
  • Tentukan Lokasi GlashFlash v3 (sudah diset otomatis). Klik Next.
 GlashFish v3
  • Pada form summary akan ditampilkan informasi mengenai instalasi Netbeans IDE yang akan dilakukan. Klik Install.
 Install Netbeans IDE
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai.
 Instalasi Netbeans IDE
  • Instalasi telah sukses dilakukan. Klik Finish
 Finish









0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More