4.30.2012

Meraki Personal Computer KD:Memeriksa Hasil Perakitan

Setelah semua langkah pemilihan komponen, perakitan, dan pengaturan baik hardware maupun software dari komponen dan peripheral perlu dilakukan pengecekan dari setiap komponen dan peripheral. Fungsi tidaknya komponen atau peripheral tergantung dari pemasangannya.
Hal yang perlu diperiksa dari hasil komponen dan peripheral meliputi:
  • Kencang tidaknya pemasangan komponen atau peripheral. Periksa apakah skrup telah terpasang dengan sempurna.
  • Urutan kabel, urutan kabel dapat di cek terlebih dahulu dengan menyocokan pin no1 pada kabel dengan pin 1 dengan konektor. Untuk model kabel sekarang kemungkinan terbalik sangat kecil.
  • Urutan kaki komponen, dalam hal ini prosesor dan RAM. Dengan melihat manual guide dari setiap komponen agar kesalahan dalam memasang komponen tersebut dapat dihindari. Untuk prosesor dan RAM saat ini kemungkinan salah sangat kecil, karena bentuk fisik yang tidak memungkinkan komponen terpasang salah. 

    Setelah langkah diatas sesuai dengan buku manual dan sesuai dengan langkah langkah sebelumnya. Siapkan untuk menghubungkan sumber daya ke jala jala listrik. 
    Amati saat pertama kali komputer menyala, pastikan tidak ada pesan eror baik berupa tampilan di monitor atau dengan bunyi beep. Jika ada pesan error masuk ke BIOS dengan menekan DEL atau F2, sesuai dengan BIOS yang digunakan. Masuk dalam menu main untuk mengecek komponen hard disk,  CD-ROM, floppy disk, dan RAM. Dengan melihat status dari hard disk atau masuk ke menu hardware monitor untuk melihat status dari prosesor baik tegangan maupun kecepatan dari kipas pendinginnya

    Setelah semua dirakit dengan benar, sekarang adalah tahap menginstall sistem  operasi yang digunakan dan juga  software-software yang diinginkan. Untuk sistem operasi Windows misalnya saudara dapat memakai Windows XP, Vista, Seven 7 atau mungkin Linux dan Macintosh. Install pula  software aplikasi lainnya sesuai dengan kebutuhan, seperti Microsoft Office, Open Office, Star Office, Acrobat Reader dan software aplikasi lainnya sesuai dengan kebutuhan. Berusahalah untuk  menggunakan  Software  yang resmi (ada  licensenya), kecuali kalau memang software tersebut open source. Beberapa contoh software yang open source, misalnya  knoppix, OpenOffice, StarOffice dan lain sebagainya  
    Untuk materi lengkapnya silahkan download disini

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More