4.30.2012

Merakit Personal Computer KD:Mengatur komponan PC dengan menggunakan software

Basic Input Output System atau sering disebut BIOS digunakan untuk mengatur komponen PC secara software atau dengan kata lain disebut dengan istilah jumper less Komponen PC yang dapat diseting melalui BIOS hanya tertentu saja, dan merupakan komponen pokok dalam sebuah PC dan komponen yang terintegrasi dengan mainboard (Onboard).BIOS (Basic Input Output System), adalah program yang berfungsi mengatur dan mengkonfigurasi sistem komputer, yang disimpan di dalam sebuah chip, disebut Chip BIOS. Berikut akan diuraikan leibh rinci beberapa tugas BIOS pada motherboard yaitu :
  • Mendeteksi dan melakukan konfigurasi perangkat-perangkat media penyimpanan standar yang biasanya dimiliki sebuah PC.
  • Melakukan Power On Self Test (POST) untuk mendeteksi, apakah perangkat-perangkat vital sudah terinstal dengan benar pada sistem PC.
  • Mendeteksi dan menentukan letak sistem operasi yang terpasang pada PC.
  • Melakukan pengaturan waktu secara real time. Waktu yang diatur pada BIOS ini nantinya juga akan digunakan pada sistem operasi.
  • Melakukan konfigurasi memori utama maupun memori cache yang terdapat pada sistem.
  • Mendeteksi dan melakukan pengaturan untuk port-port yang terpasang pada motherboard seperti PS/2, USB, port paralel, port serial dan lain-lian. 
  •  Melakukan seleksi dan pengaturan untuk fitur-fitur khusus yang ada pada motherboard seperti koreksi kesalahan memori, perlindungan antivurus, dan sebagainya.
  • Melakukan proteksi untuk keamanan PC.
Ada dua jenis chip BIOS yang banyak digunakan, yaitu Award BIOS dan AMI BIOS. Meskipun terdapat perbedaan menu setup pada keduanya, akan tetapi sebagian besar memiliki fungsi yang hampir sama. Anda dapat mempelajari salah satu dari kedunya, misalnya Award BIOS.
Untuk Materi lengkapnya silahkan download disini    

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More