4.19.2012

Menerapkan Teknik Elektronika analog dan digital dasar KD:Menerapkan Konsep Elektronika Digital

Digital adalah suatu terapan ilmu elektronika yang tersusun dari berbagai komponen elektronika. Bisa juga disebut dengan rangkaian elektronika yang membutuhkan aliran listrik atau energi kimia untuk menggerakkan atau membuat benda tersebut berfungsi.Biasanya komponen-komponen digital ini hanya memiliki dua keadaan, 1 ( high, active, true ) dan 0 ( low, nonactive, false ). Pada prakteknya, dunia digital saat ini telah menguasai elektronika dan merupakan suatu "harga" buat suatu komponen elektronika.

            Elektronika digital adalah sistem elektronik yang menggunakan signal digital.Signal digital didasarkan pada signal yang bersifat terputus-putus.Biasanya dilambangkan dengan notasi aljabar 1 dan 0. Notasi 1 melambangkanterjadinya hubungan dan notasi 0 melambangkan tidak terjadinya hubungan.Contoh yang paling gampang untuk memahami pengertian ini adalah saklar lampu.Ketika di tekan ON berarti terjadi hubungan sehingga dinotasikan 1. Ketika di tekan OFF maka akan berlaku sebaliknya 0.
            Elektronik digital merupakan aplikasi dari aljabar boolean dan digunakan pada berbagai bidang seperti komputer, telpon selular dan berbagai perangkat lain. Hal ini karena elektronik digital mempunyai beberapa keuntungan, antara lain: system digital mempunyai antar muka yang mudah dikendalikan dengan komputer dan perangkat lunak, penyimpanan informasi jauh lebih mudah dilakukan dalam system digital dibandingkan dengan analog. Namun sistem digital juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu: pada beberapa kasus sistem digital membutuhkan lebih banyak energi, lebih mahal dan rapuh.
Materi lebih lanjut bisa dilihat disini

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More