4.25.2012

Menerapkan bahasa pemrograman SQL KD:Mendiskripsikan Menu SQL


"Bagaimana caranya menggunakan MySQL ?"
sebelum dapat menjawab pertanyaan tersebut secara total,  kita pertama  harus mengetahui bahwa aplikasi komputer berdasarkan arsitektur terkini terbagi atas :
  1. Aplikasi Client, yaitu sistem aplikasi dimana aplikasi tersebut bersifat stand alone (dapat berdiri sendiri)
  2. Aplikasi Client - Server, yaitu dimana sistem terdiri atas beberapa aplikasi dan mereka saling tergantung satu dengan lainnya (tidak dapat berdiri sendiri).
Nah, MySQL termasuk ke dalam arsitektur aplikasi Client - Server. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan lebih jauh pada bagian berikut ini.

Apa maksudnya aplikasi Client Server ?

Aplikasi Client - Server (sesuai namanya) memiliki dua aplikasi yaitu :
  • Server  : merupakan program yang biasanya berjalan sebagai background process atau proses di belakang layar sistem operasi. User biasanya tidak dapat berhubungan dengan server secara langsung, tetapi harus melalui aplikasi client.

  • Client : merupakan aplikasi / program yang memiliki user interface (antar muka) seperti terminal / command prompt, tombol, kotak teks, menu toolbar, dan sebagainya.
Aplikasi-aplikasi selama ini yang kita kenal pada masa awal perkenalan komputer seperti Microsoft Office (Word, Excel, Access, PowerPoint),  Winamp, dan lain-lain, adalah aplikasi client karena kita langsung dapat berinteraksi dengannya.

Sedangkan aplikasi server seperti Internet Information Service (IIS) web server, mail server, ftp, dan lain-lain, biasanya tidak dapat kita berinteraksi langsung kecuali dengan aplikasi lain.

Contoh penggunaan aplikasi server paling terkenal mungkin adalah aplikasi mail server. 

Kalau kita berlangganan internet dari suatu ISP tertentu biasanya mendapatkan account email. Email ini biasanya disimpan dan dikenali oleh mail server. 

Untuk mengambil dan mengirim email dari account kita, kita menggunakan mail client. Salah satu aplikasi mail client terkenal adalah Microsoft Outlook. 

Berikut adalah gambar contoh interaksi antara Outlook dengan mail server.

User Interface Pada Aplikasi Client

Pembagian Client berdasarkan user interfacenya ini biasanya terbagi atas 2 yaitu : Command Line User Interface (CLI) : yaitu pengguna menjalankan aplikasi dengan mengirim perintah (command) berupa teks.
Berikut adalah gambar penggunaan CLI MySQL pada sistem operasi Windows XP Professional.
  

Graphical User Interface (GUI) : yaitu pengguna menjalankan aplikasi dengan command dalam bentuk interaksi grafis seperti menekan tombol, membuka menu pulldown, dan seterusnya.

Berikut adalah gambar penggunaan salah satu GUI client MySQL pada sistem operasi Windows XP Professional.
Sumber :http://mysql.phi-integration.com/Home/cara-menggunakan-mysql
Untuk lebih jelasnya silahkan download disini

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More